8 Macam Desain Ruang Makan Populer & Nyaman

Ketahui beberapa desain populer untuk memberikan kenyamanan di ruang makan. Berikan tampilan berbeda agar tidak bosan dan tetap rapi. Simak macam desain ruang makan yang populer dan nyaman untuk dicoba.

1.      Minimalis

Ruangan bergaya modern yang lebih disederhanakan. Pilihan furniture berbentuk ramping dan bentuk sederhana. Lebih efisien jika bisa dilipat untuk menghemat ruang  saat tidak digunakan. Kurangi aksesoris yang tidak berfungsi secara signifikan. Lebih mengedepankan unsur kesederhanaan , kerapihan, fungsionalitas serta efisien.

2.      Tradisional

Gunakan perabotan antik yang masih berfungsi normal di ruang makan. Perbaiki kursi yang sedikit rusak untuk memperbaiki fungsinya. Tak perlu banyak biaya jika ingin memiliki dekorasi bergaya vintage. Tambahkan hiasan nuansa jaman dulu seperti rak piring, tempat sendok dan lainnya.

3.      Modern

Makna dari modern tidak harus mahal, pilih furniture dengan bentuk simpel namun tetap estetik. Warna monokrom bisa menjadi pilihan untuk menghiasi ruang makan. Bentuk perabotan ramping dan warna tajam yang kontras, memberikan tampilan elegan. Dapat diterapkan untuk ruangan minimalis dengan memilih ukuran perabotan yang sesuai.

4.      Industrial

Karakteristik desain ruang makan industrial yaitu menonjolkan material kayu, metal dan batu bata. Banyak diaplikasikan untuk dekorasi restoran maupun kafe yang luas. Anda juga bisa menggunakannya di rumah dengan menggunakan salah satu komponen atau kombinasi. Lengkapi dengan lampu modern dan hiasan berwarna netral.

5.      Skandinavia

Penataan interior ruang makan didominasi warna putih dengan menonjolkan konsep clean cut. Berikan sedikit aksen berwarna hitam pada hiasan dinding seperti jam, rak, tempat sendok. Lantai kayu berwarna cokelat muda untuk memberikan kesan santai dan formal. Tidak memiliki corak atau motif yang rumit, utamakan furniture polos.

6.      Klasik

Berbahan kayu solid dan marmer yang berwarna cokelat muda. Dilengkapi wallpaper dengan motif dan hiasan bunga di sudut ruangan. Dominan warna cokelat muda hingga keemasan yang menambahkan kesan mewah. Aksesoris elegan dari timur tengah seperti permadani, lukisan, ukiran pada perabot.

7.      Tropis

Mengangkat tema alam yang memberikan kesan fresh dan natural saat makan. Dapat diletakkan di dalam maupun di luar ruangan yang langsung berhubungan dengan alam. Tambahkan tanaman hias di sudut dan vas bunga di atas meja. Ruang makan taman juga menjadi salah satu alternatif jika tak cukup ruangan dalam rumah.

8.      Lesehan

Bisa diterapkan untuk ruangan minimalis hanya membutuhkan karpet, meja rendah yang panjang. Jika dibutuhkan kursi seperti bantal sebagaimana layaknya ruang makan di Jepang. Agar berbeda dengan ruangan lain, lantai bisa dibuat lebih tinggi.

Itulah ke-8 desain ruang makan yang populer dan nyaman digunakan. Sesuaikan dengan biaya  yang dimiliki agar tidak terkuras habis hanya untuk mendekor ruang makan. Gunakan jasa desain interior ruang makan agar dana yang dikeluarkan lebih tepat sasaran dan sesuai keinginan.