6 Jenis Pemasaran Digital dan cara menggunakannya

Setiap individu pada suatu saat dalam hidupnya memiliki keinginan untuk memulai bisnis mereka sendiri, yang mengakibatkan munculnya budaya ‘Start-Up’ di Indonesia. Karena itu, bisnis modern dan tradisional memandang pemasaran digital sebagai alat pemasaran alternatif, yang telah meningkatkan permintaan akan pemasar digital yang terampil di pasar.

Tetapi pernahkah Anda berpikir, apa yang membuat beberapa bisnis menjangkau massa, dan menjadi besar dan sukses, sementara yang lain tetap menjadi ‘Ide Baik’ dan gagal dimulai? Ini jenis Pemasaran Digital yang membuat atau menghancurkan bisnis.

Kita semua tahu bahwa pemasaran adalah proses untuk menciptakan kesadaran tentang suatu produk atau layanan. Tetapi dalam skenario hari ini, hanya menciptakan kesadaran melalui praktik pemasaran tradisional tidak akan berhasil. Saat ini, penting bahwa bisnis harus melibatkan pelanggannya untuk menjadi sukses dan ini hanya dapat dilakukan melalui.

Kami akan fokus pada dua hal di blog ini. Pertama, kami akan mencoba memahami arti Pemasaran Digital, dengan menjawab pertanyaan seperti ‘Apa itu Pemasaran Digital?’.

Kemudian kami akan memahami berbagai jenis strategi pemasaran digital yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja situs web. Jadi ayo mulai.

Hal pertama yang pertama, apa itu Pemasaran Digital?

Banyak orang beranggapan bahwa digital marketing itu baru dan sangat kompleks. Mereka beranggapan bahwa untuk belajar dan menguasai digital marketing, mereka harus tahu coding komputer.

Ini adalah kesalahpahaman. Izinkan saya menjelaskan terlebih dahulu bahwa untuk menjadi pemasar digital, bahasa pengkodean tidak wajib. Yang Anda butuhkan hanyalah naluri pemasaran dasar, yang menurut saya merupakan ciri umum.

Pemasaran digital memiliki banyak definisi, tetapi definisi yang paling tepat adalah dengan “Hubspot” di blognya—

Pemasaran digital mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web mereka untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. ‘

Jenis Pemasaran Digital

Secara sederhana, Pemasaran Digital adalah ‘Pemasaran Berbasis Data’, karena ini adalah satu-satunya platform yang membantu pemasar untuk memantau strategi pemasaran mereka dan terus mengukur upaya pemasaran mereka. Dalam pemasaran tradisional, kita dapat menjangkau khalayak massal tetapi tidak dapat memantau atau mengukur keefektifan iklan.

Beberapa Agency Digital juga menawarkan Jasa PBN Premium untuk teman-teman yang ingin mendapatkan backlink berkualitas untuk mendorong website agar masuk halaman 1 Google.

Misalnya, jika saya memasang iklan surat kabar, iklan saya dapat dilihat oleh semua orang yang membaca surat kabar itu (jangkauan massal), tetapi saya tidak dapat memantau atau mengukur berapa banyak pembaca yang membeli produk atau layanan saya setelah melihat iklan tersebut.

Ada dua jenis strategi pemasaran digital yang ada:

Seluruh pemasaran digital berputar di sekitar dua tujuan ini. Dari sinilah Anda harus memulai kampanye pemasaran digital Anda. Pertama, identifikasi tujuan atau sasaran utama Anda dengan bantuan pemasaran digital. Kemudian rencanakan dengan tepat.

Setelah Anda mengidentifikasi tujuan keseluruhan — anggap saja itu meningkatkan lalu lintas situs web — maka Anda perlu memahami berbagai jenis saluran pemasaran digital yang dapat membantu meningkatkan lalu lintas situs web. Secara umum, ada dua cara – baik Anda mendatangkan lalu lintas melalui metode organik, atau melalui metode berbayar.

Lalu lintas organik adalah ketika pengguna mencari dengan kueri di mesin pencari atau platform media sosial dan hasil situs web Anda muncul secara alami, menggambarkan pencarian.

Lalu lintas berbayar mengacu pada mendatangkan lalu lintas situs web dengan menjalankan iklan di mesin pencari dan platform media sosial. Lalu lintas berbayar memiliki dua jenis strategi pemasaran digital, yaitu, Strategi Tarik dan Strategi Dorong.

Dalam Strategi Tarik, kami menampilkan iklan situs web kami ketika pengguna mencari informasi, misalnya, menampilkan iklan pencarian ketika pengguna mencari dengan kueri atau kata kunci.

Sedangkan di Push Strategy, kami menampilkan iklan website kami untuk menginformasikan pengguna tentang produk / layanan kami, misalnya iklan media sosial atau iklan bergambar.

Sekarang mari kita pahami berbagai jenis kampanye pemasaran digital yang dapat digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web:

Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) – SEOadalah cara paling ampuh dan berkelanjutan untuk memiliki situs web. Menurut Anda mengapa demikian? Jawabannya adalah karena lalu lintas organik.

SEO adalah seni mengoptimalkan konten situs web Anda untuk sekumpulan kata kunci tertentu. SEO juga dapat membantu dalam mengoptimalkan konten untuk Penelusuran Suara, Accelerated Mobile Pages (AMP), dan Backlinks. Misalnya, saya mencari di Google, ‘pelatihan pemasaran digital’ dan halaman pemasaran digital EduPristine muncul secara alami di halaman pertama Google.

Di seluruh dunia, 80% lalu lintas situs web mengeklik hasil organik dibandingkan dengan hasil berbayar dan itulah sebabnya SEO memainkan peran penting dalam meningkatkan lalu lintas situs web.

Terutama ada dua jenis aktivitas pemasaran digital yang perlu diperhatikan dalam faktor ‘On Page’ dan ‘Off Page’ SEO. Yang pertama mengacu pada semua tindakan yang kami ambil dalam situs web atau halaman web, sedangkan yang terakhir mengacu pada membangun tautan dan sinyal eksternal untuk situs web atau halaman web.

Keduanya memainkan peran yang sama pentingnya dalam mengoptimalkan konten situs web, dan SEO biasanya membutuhkan waktu 90–180 hari untuk menunjukkan hasil yang diinginkan.
Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Google Ads (PPC): Selain mendatangkan traffic melalui cara organik, kami juga dapat mengarahkan traffic situs melalui iklan berbayar, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui Google Ads — umumnya dikenal sebagai Pay Per Click (PPC). Mendatangkan lalu lintas melalui iklan berbayar itu mudah tetapi tidak gratis. Ini adalah urusan yang mahal dan membutuhkan perencanaan dan penganggaran yang tepat.

Seseorang dapat menampilkan iklan situsnya di banyak tempat, seperti di halaman hasil mesin pencari, di situs orang lain (umumnya dikenal sebagai), atau di APLIKASI Seluler atau di saluran YouTube juga.

Mari kita lihat contoh untuk memahami dengan lebih baik. Ketika saya mencari ‘pelatihan pemasaran digital’, saya tidak hanya melihat hasil organik EduPristine, tetapi saya juga melihat iklan pencarian di halaman yang sama.

Pemasaran Media Sosial: Seperti yang kita semua tahu bahwa platform media sosial digunakan oleh massa, terlepas dari demografinya, ini telah menjadi jalan favorit pemasar untuk membangun kesadaran tentang produk / layanan mereka dan membawa lalu lintas ke properti web mereka.

Apapun bisnis anda, melakukan pemasaran internet penting untuk dilakukan.

Dan itulah mengapa, selain menggunakan SEO dan Google Ads untuk meningkatkan traffic website, media sosial juga berperan penting dalam membangun awareness terhadap website Anda. Media sosial membantu dalam kesadaran merek dan terlibat dengan pelanggan Anda.