Ikan lele merupakan salah satu ikan terbaik dalam bahasa Indonesia. Rasanya yang gurih dengan rasa manis yang khas menjadikannya makanan favorit anak-anak yang baru belajar makan. Dibalik rasanya yang khas dan enak, manfaat ikan lele memang tidak bisa dipisahkan untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat ikan lele bagi tubuh Anda?

1. Sumber Asam Lemak Omega-3

Seperti yang kita ketahui bersama, asam lemak omega-3 sangat penting dan mempengaruhi perkembangan otak anak. Mengkonsumsi ikan lele ternyata juga dapat mendorong anak untuk memiliki kecerdasan. Ini karena asam lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan otak, jantung, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Jika membutuhkan mesin pelet untuk bisnis Anda, bisa beli pada tautan tersebut ya!.

Ikan lele putih mengandung sedikit lemak, sehingga lele tidak tergolong ikan berlemak seperti salmon. Namun, ikan lele mengandung EPA dan DHA, dua zat yang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kecerdasan.

2. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri, logam berat yang dibuang ke pabrik dan limbah rumah tangga yang biasanya tercemar air. Di dalam air itu sendiri, merkuri berubah menjadi zat yang disebut metil merkuri yang menghasilkan protein pada otot ikan.

Dalam hal ini, jika ikan mengandung merkuri, memakannya akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti keracunan merkuri, serta kerusakan saraf. Kabar baiknya, bagaimanapun, adalah bahwa lele adalah salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan hanya merkuri, menurut Badan Perlindungan Lingkungan.

3. Sumber Vitamin B12

Manfaat ikan lele selanjutnya adalah berperan penting dalam produksi DNA dalam tubuh, pembentukan dan kerja sel darah merah, hingga menjaga fungsi saraf. Ini semua karena kandungan vitamin B12 yang tinggi pada ikan lele. Vitamin B12 banyak ditemukan pada produk hewani, sehingga tidak asing lagi dengan ikan lele yang mengandung vitamin ini.

Kelemahan vitamin B12 bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia atau kurang darah. Biasanya, kelompok yang rentan mengalami anemia akibat kekurangan vitamin B12 adalah lansia, balita, serta ibu hamil. Dengan mengkonsumsi 143 gram ikan lele sudah cukup untuk memenuhi 69% kebutuhan vitamin B12 harian tubuh.

4. Sumber Protein Tertinggi

Protein merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara otot. Selain itu, protein juga berfungsi menghasilkan enzim dan hormon yang mempengaruhi setiap fungsi tubuh manusia. Hampir semua jenis makanan mengandung protein, namun jumlah yang ditawarkan tidak sepadat lele. 100 gram ikan lele menawarkan 18,5 gram protein, dan hanya 150 kalori dan 0 gram karbohidrat.

5. Sumber Vitamin D

Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari di pagi hari, tetapi mungkin rendah. Anda bisa memanfaatkan ikan lele untuk mendapatkan asupan vitamin D yang Anda butuhkan dalam tubuh Anda. karena vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang karena mengontrol pertumbuhan sel dalam tubuh, membantu tubuh menyerap kalsium, dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

Ikan lele merupakan salah satu sumber makanan terbaik untuk vitamin D. Dengan hanya mengonsumsi 143 gram daging, Anda dapat menemukan 190% kebutuhan harian Anda akan vitamin D.

Berikut lima manfaat ikan lele. Selain itu, ikan lele juga termasuk jenis ikan yang mudah diolah. Untuk itu, jangan ragu menggunakan ikan lele agar Anda bisa meraih beragam manfaat kesehatan!

By ansyah