Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa tepatnya di Jawa Timur. Aneka makanan khas Surabaya menjadi salah satu destinasi kuliner di Jawa.

Ini sepertinya termasuk kurangnya wisata alam. Karena berbeda dengan kota besar lainnya di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya memang tidak memiliki banyak destinasi wisata alam.

Keistimewaan Surabaya juga hadir dari beberapa lapisan. Anda bisa menikmatinya dengan gaya di restoran, kafe, warung makan, hingga warung pinggir jalan. Mencicipi kuliner Surabaya sehari tidak akan cukup karena jumlahnya yang banyak.

Kami juga menyediakan layanan travel malang surabaya ataupun sebaliknya travel surabaya malang dengan harga bersahabat.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan 5 rekomendasi makanan khas Surabaya terpopuler dan patut dicoba begitu sudah sampai di Kota Pahlawan.

1. Tahu Campur

Makanan khas Surabaya yang keenam adalah tahu campur. Campuran tahu adalah salah satu bumbu masakan yang segar dan segar. Campuran tahu ini juga kaya nutrisi karena mengandung banyak sayuran dan sumber protein di setiap bagiannya.

Dalam campuran tahu terdapat sayur mayur, irisan tahu goreng, roti ubi jalar (lentho), daging, taoge, mie kuning, terasi, dan kuah kaldu yang nikmat. Semua bahan dipotong-potong lalu disiram dengan kuah yang terbuat dari bumbu yang dicampur pasta. Dijamin enak, apalagi dengan sambal dan kerupuk udang.

2. Sego Sambel

Sambel Sego menjadi makanan khas Surabaya ketujuh yang masuk dalam daftar rekomendasi makanan enak di Surabaya. Sego sambel dalam bahasa Indonesia berarti nasi cabai. Inilah salah satu kuliner pedas yang disukai masyarakat Surabaya.

Menu sego sambal menyediakan sambal pedas dengan bumbu pilihan. Untuk sambal sego biasanya mendapatkan nasi hangat dengan sambal, lengkap dengan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng suwir, dan ikan. Saus sego sangat cocok untuk anda yang suka dengan makanan pedas.

3. Rawon

Rawon merupakan salah satu makanan paling populer di Surabaya berupa sop. Rawon memiliki warna dan rasa yang unik. Kuah kaldu hitam mentah yang dipadukan dengan daging empuk menjadi sajian favorit disantap warga Surabaya dan wisatawan.

Karena rasanya yang enak dan unik, kini berbagai jenis rawon sudah tersebar dan dijual di seluruh Indonesia dengan berbagai inovasi. Rawon merupakan salah satu ciri khas Surabaya yang patut dicoba di mana-mana.

4. Soto Gubeng

Soto Gubeng merupakan variasi soto yang sudah menjadi makanan khas Surabaya. Sejarah Soto Gubeng cukup menarik, karena soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Nama Soto Gubeng diambil dari nama kecamatan di Surabaya yang merupakan stasiun terbesar di kota tersebut.

Di stasiun Gubeng Soto Gubeng pertama kali muncul. Sup ini menggunakan daging sapi dan daging sapi dengan kuah yang enak.

5. Zangrandi Ice Cream

Setelah mencicipi makanan pedas dan berminyak, kini Anda tahu makanan penutup paling populer di Surabaya. Zangrandi Ice Cream merupakan makanan khas Surabaya terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi kali ini.

Toko es krim Zangrandi telah ada sejak tahun 1930-an dan menawarkan masakan gurun klasik yang lezat. Setiap varian es krim menarik Anda dan terasa bernostalgia. Di Zangrandi Ice Cream, Anda bisa mencicipi pisang, makadonia, buah tutti, dan lainnya. Toko es krim ini merupakan toko legendaris di Surabaya.