Mon. Feb 6th, 2023

 

Software payroll menjadi salah satu perangkat lunak yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Sebab software dapat mempermudah tugas bagian HRD. Membuat HRD tidak hanya berfokus pada payroll saja, dan memungkinkan mereka untuk memaksimalkan karyawan yang kompeten. Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh aplikasi payroll bagi perusahaan.

 

 

Manfaat Aplikasi Payroll untuk Perusahaan

1. Menghitung Jumlah Gaji Karyawan dengan Mudah

Apakah selama ini perusahaan membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung gaji karyawan ? Jika iya, maka implementasi aplikasi payroll akan sangat berguna di sini. Karena software dapat menghitung jumlah gaji karyawan dengan cepat dan akurat. Dimana sistem secara otomatis sudah menghitung potongan seperti BPJS Ketenagakerjaan, asuransi, dan pajak.

Semua potongan tersebut akan dimasukkan ke dalam gaji kotor, baru secara otomatis dikirimkan ke rekening karyawan. Jadi pengiriman gaji pun tidak dilakukan secara manual. Sebab sistem akan melakukannya secara otomatis di tanggal gajian yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada lagi masalah salah hitung gaji maupun pembayaran gaji karyawan yang terlambat.

2. Data Karyawan Aman dan Terintegrasi

Software payroll dapat memastikan data data karyawan tersimpan dengan aman dan terintegrasi. Dimana jenis data perusahaan yang diinput ke dalam software tersebut berupa identitas karyawan sekaligus besaran gaji mereka. Data ini cukup sensitif dan rawan, bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran data.

Namun tidak perlu khawatir, karena aplikasi payroll dibekali dengan sistem yang aman. Dimana hanya pihak berkepentingan saja yang dapat mengakses data di dalamnya. Terlebih software juga mampu mengintegrasikan data data penting terkait administrasi dan gaji karyawan.

3. Membuat Laporan Lebih Efektif

Manfaat berikutnya dari aplikasi payroll adalah membuat laporan lebih efektif. Karena software bisa menggabungkan beberapa data payroll kemudian menyajikannya dalam satu bentuk laporan. Jadi di sini gaji yang diterima karyawan sudah termasuk dengan perhitungan pajak, BPJS, laporan asuransi, dan lain sebagainya. Sehingga tidak perlu lagi membuat laporannya secara manual.

4. Memudahkan Proses Verifikasi

Ketika perusahaan menggunakan software payroll, maka proses verifikasi dapat berjalan dengan lebih mudah. Sebab verifikasi tersebut bisa dilakukan secara online dan real time. Kapan pun dan di mana pengguna membutuhkannya, verifikasi bisa dilakukan. Sebagai contoh saat karyawan ingin melakukan reimbursement.

Maka bisa mengajukannya melalui layanan yang ada di dalam aplikasi payroll. Dengan begitu karyawan tersebut tidak harus pergi menemui HR secara langsung. Di sisi lain kinerja HR pun menjadi lebih efektif. Hal ini tentunya memberi pengaruh positif terhadap perusahaan agar dapat berkembang secara optimal.

Jadi tunggu apa lagi ? Yuk gunakan aplikasi payroll sekarang juga untuk menyederhanakan penggajian perusahaan. Anda bisa menggunakan Sakura Software System yang memiliki deretan fitur untuk memberikan sederet manfaat di atas. Sakura System berfokus kepada layanan klien. Anda lebih dari sekadar pelanggan, melainkan mitra bisnis. Sehingga sebisa mungkin akan diberikan solusi terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By roket