Mon. Dec 5th, 2022

Samarinda merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, dibelah oleh Sungai Mahakam dan menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur melalui jalur sungai, darat maupun udara.

Samarinda terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif seperti Pelabuhan Samarinda dan Pelabuhan Palaran yang keduanya merupakan pelabuhan tersibuk se Kalimantan Timur.

Sebelum dikenal dengan nama Samarinda, wilayah ini termasuk ke dalam Kerajaan Kutai Kartanegara yang berdiri pada 1300 M.

Nama Samarinda berasal dari bahasa Banjar, yakni gabungan kata ‘sama’ dan ‘rinda’ yang berarti permukaan tanah yang tetap rendah serta tidak bergerak.

kali ini andarabus akan mengulas tentang 3 fakta menarik kota Samarinda . Andara Bus sebagai salah satu penyedia jasa transportasi bus rental event dan juga Sewa Hiace Premio professional, terpercaya, dan berpengalaman. Andara Bus sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan menjadi hal yang sangat oleh, sebab kami akan memberikan pelayanan terbaik demi menjamin Anda mendapatkan hal yang sesuai ekspektasi tanpa biaya tambahan.

1, Suku Masyarakat Samarinda

Kota Samarinda bermula dari kedatangan orang-orang Bugis Sulawesi Selatan. Di mana ketika acara pernikahan Putra Goa dengan Putri Bone, mengadakan sabung ayam.

Namun, terjadilah kesalahpahaman yang menyebabkan perkelahian antara putra-putra Bone dan putra-putra bangsawan Wajo.

Akhirnya terjadi korban tewas di pihak Putra Bone yang bernama Matolla ditangan Ma’-dukelleng. 

Tetapi, suku yang mendiami di Kota Samarinda yaitu Suku Kutai Kuno, termasuk golongan ras Melayu Muda (Deutro Melayu) sebagai hasil percampuran ras Mongoloid, Melayu, dan Wedoid.

Hasil seni kerajinan Kota Samarinda, salah satunya batik dan juga kalung manik khas Suku Dayak.

2, Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah berada di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, 14 kilometer dari pusat Kota Samarinda.

Air terjun dengan ketinggian 15 meter yang tergolong unik, air yang mengalir berwarna jernih, namun saat jatuh ke permukaan akan berubah menjadi merah keruh.

Hal ini dikarenakan tanah di area air terjun adalah tanah gambut. Wisata ini sangat digemari wisatawan, terutama saat akhir pekan.

Jika Anda membawa anak, juga ada tempat penitipan anak di area bermain anak.

3, Kuliner Depot Anggrek Samarinda

Depot Anggrek Samarinda menawarkan berbagai menu andalan seperti sop kikil, olahan ayam, udang hingga buntut sumsum.

Warung satu ini memang tampak sederhana, namun sajian masakannya tidak akan membuat Anda kecewa.

Terlebih harga setiap porsinya juga ramah dengan kantong Anda. Di saat jam jam makan, depot satu ini akan dipenuhi dengan banyak pelanggan tak jarang juga terjadi antrian.

 

Itulah tadi diatas merupakan sedikit rekomendasi dari andarabus pusat informasi hiace premio luxury tentang 3 fakta kota Purwokerto yang nyaman dan menenangkan yang bisa Anda kunjungi. Semoga sedikit artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Jika ada salah dalam penulisan, kami mohon maaf sebesar – besanya. Sekian dari kami, terimakasih dan sampai jumpa di lain artikel!

By roket