10 Motivasi Ikut Himpunan Mahasiswa Saat Kuliah

Bagi anda yang ingin masuk ke universitas tentunya memiliki cita-cita tersendiri untuk bisa melanjutkan studi. Jika belum, coba tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda ingin melanjutkan ke universitas dan apa tujuan Anda? Jawabannya tidak lain adalah menimba ilmu, menambah wawasan, dan menjadi ulama.

Masa kuliah bukan satu-satunya alasan teman, tapi masih banyak hal lain yang bisa dieksplorasi dalam dunia perkuliahan, seperti bergabung dalam suatu organisasi. Di kampus seharusnya ada organisasi yang bernama Himpunan Mahasiswa (HIMA) atau disebut juga Himpunan Mahasiswa Sarjana (HMJ) atau Himpunan Profesi (HIMPRO).

Organisasi mungkin cocok untuk Anda karena ada banyak orang yang ramah dan berpengetahuan yang dapat membantu Anda belajar. Selain itu, mungkin saja ada ambisi dari beberapa orang yang menganggap dirinya cocok satu sama lain.

Dan masih ada motivasi itu. Ya, inilah rangkuman 10 motivasi mengikuti perkumpulan mahasiswa di perguruan tinggi. Mari kita dengarkan baik-baik!

Motivasi untuk Bergabung dengan Himpunan Mahasiswa

1. Pengalaman adalah pelajaran terpenting

Bagi Anda yang saat ini belum memiliki pengalaman di luar negeri, ada baiknya Anda bergabung dengan organisasi di kampus. Mungkin Anda bisa menggunakan motivasi ini untuk melanjutkan studi Anda di kampus dan saat bergabung dengan organisasi.

Cobalah motivasi mencoba yang satu ini dan nanti kamu akan menjadi orang yang berguna dan hidup kamu akan diisi dengan berbagai pengalaman yang berharga, pengalaman, baik dan buruk.

2. Waktu itu emas

Anda juga perlu mengembangkan karakter untuk menghargai waktu. Nah, saat berorganisasi kamu perlu meluangkan waktu dengan baik dan mulai menyisakan waktu luang yang sering kamu buang. Di sini Anda mulai mengisi waktu Anda dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengatur waktu dengan baik dan masih sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, mungkin bergabung dengan organisasi di kampus adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Ada masalah baru? Siapa Takut!

Jika Anda sering takut dengan masalah apa yang akan Anda hadapi di masa depan. Cobalah mengubah kebiasaan dan bersiaplah untuk melakukannya.

Di Himpunan Mahasiswa, Anda akan mendapatkan pendidikan untuk siap menghadapi berbagai masalah yang mungkin tidak Anda duga sekarang. Tapi bukan berarti kamu sebagai orang yang sering salah, ya! Ingat, keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda.

4. Ilmu bisa ditemukan di mana-mana

Kembali ke tujuan utama saat melanjutkan studi di dunia perkuliahan yaitu memperoleh ilmu. Namun perlu anda ketahui bahwa ilmu tidak hanya disebarkan di dalam kelas saja, akan tetapi banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan di lingkungan kampus.

Himpunan Mahasiswa bisa menjadi wadah bagi Anda untuk menemukan ilmu baru selain mengajar di kelas. Anda juga bisa mengembangkan soft skill yang sangat berguna di masa depan. Seperti public speaking, leadership, dan sebagainya.

5. Menemukan teman berarti menemukan harta karun

Jadikan kata-kata itu sebagai motivasi hidup Anda. Karena, jika kita menumbuhkan lebih banyak teman, kita akan semakin berkembang dalam lingkaran. Selain itu, jangkauan hubungan kita akan jauh lebih luas. Hubungan sangat penting dalam hidup.

Keesokan harinya mengetahui salah satu teman Anda adalah instrumen terpenting dalam hidup Anda yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan yang Anda dambakan.

6. Komunikasi adalah kunci sukses

Dalam hidup, komunikasi adalah salah satu hal terpenting. Karena orang lain bisa mengetahui karakter Anda tahu cara berkomunikasi. Tapi jangan khawatir, di Himpunan Mahasiswa ini, Anda akan belajar tentang komunikasi yang baik atau berbicara di depan umum.

Jika Anda ahli di bidang public speaking, Anda akan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan dapat diandalkan dengan banyak orang. Dan ini sangat berguna untuk anda kedepannya

7. Kesempatan besar untuk mendapatkan beasiswa

Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa selama kuliah? Tentu saja kalian semua akan melakukannya. Jadi, di Himpunan Mahasiswa ini, Anda bisa mendapat kesempatan besar untuk mengambil beasiswa.

Umumnya persyaratan beasiswa adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi. Dengan pengalaman Anda di Himpunan Mahasiswa ini, Anda akan diterima saat melamar beasiswa ke kampus dan penyedia beasiswa.

8. Memiliki jiwa empati yang tinggi

Kemampuan Anda untuk berempati kepada sesama siswa akan diuji jika Anda bergabung dengan Himpunan Mahasiswa. Berbagai macam ujian yang dihadapi adalah mental bisa kuat, dan tidak mudah menyerah.

Di sisi lain, rasa empati Anda secara tidak langsung akan terasah seiring dengan waktu yang Anda habiskan di Himpunan Mahasiswa. Banyak mahasiswa yang telah bergabung dengan organisasi menciptakan jati diri dan kehidupan layaknya pilar yang kokoh. Dan itu akan terus menjadi kuat karena mentalitas telah diasah dalam cara memasuki organisasi ini.

9. Mentor atau stakeholder menjadi panutan kamu

Jika Anda membuat suatu acara atau acara, biasanya Anda akan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan atau mungkin menjadi mentor mengamati acara tersebut. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk lebih mengenal para pemangku kepentingan yang diundang ke acara tersebut.

Ini tentu sangat berguna jika Anda sudah mengenalnya, apalagi jika Anda sudah mengenalnya. Karena ketika Anda lulus dari sekolah dan menemukan usaha, pemangku kepentingan bisa menjadi orang yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan. Dan peluang biasanya tidak datang dua kali. Namun masih banyak peluang bagi mereka yang terus mencari apa yang diinginkan.

10. Banyak jalan menuju Roma

Motivasi ini bisa menjadi acuan saat bergabung dengan organisasi di kampus. Organisasi juga bisa menjadi cara Anda untuk mencapai kesuksesan yang ingin Anda capai. Misalnya dalam kasus magang.

Dalam sebuah organisasi ketika Anda mengatakan suatu peristiwa, Anda harus bersilangan dengan pemangku kepentingan Anda. Maka Anda akan memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk melakukan magang di ruang yang disarankan oleh kemampuan pemangku kepentingan Anda.

Anda dapat memotivasi diri Anda sendiri di puncak untuk memotivasi Anda agar melakukan lebih baik di masa depan. Jangan takut untuk memulai apa pun. Jangan menyesal jika Anda membuat keputusan yang salah.

Ingin kuliah di Telkom University? Yuk bisa gabung bersama kami dengan mengunjungi tautan tersebut untuk info lebih lanjut.